Bimbel Gontor El Mazaya

Informasi Pendaftaran PM Gontor

Berikut ini adalah informasi pendaftaran PM Gontor Update 21 Maret 2021. Untuk informasi detail lainnya,  Ayah Bunda Capel harus tetap mengacu ke link resmi PM Gontor di gontor.ac.id/pendaftaran, dan menunggu informasi dan arahan dari Kakak-kakak Pengasuh di El - Mazaya.


INFORMASI PENDAFTARAN CALON PELAJAR

 

KULLIYATU-L-MU'ALLIMIN/MU'ALLIMAT AL-ISLAMIYAH PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR (PMDG) TAHUN 1442/2021


PROLOG

KMI merupakan jenjang pendidikan tingkat menengah 6 tahun yang ijazahnya telah mendapat pengakuan dari Universitas Al Azhar Kairo Mesir, Universitas Islam Madinah Arab Saudi, Universitas Islam Internasional Islamabad Pakistan, dan lain- lain. Mulai tahun 1998 status KMI telah disamakan dengan Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Negeri dengan SK. Dirjen Binbaga Islam No. EIV/PP.03.02/64/98. Mulai tahun 2000 status KMI disamakan dengan Sekolah Menengah Umum (SMU) melalui SK. Mendiknas No. 105/0/2000. Kemudian pada tahun 2015 diperbarui oleh Direktur Jendral Pendidikan Islam dengan SK. No. 2852, dan SK. Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 2791 tahun 2017.


PENDAFTARAN

1. Syarat Pendaftaran

Beragama Islam.

Sehat Jasmani dan Rohani.

Belum pernah menjadi siswa KMI PMDG dan sudah mendapatkan nomor Stambuk.

2. Sistem Pendaftaran

Pendaftaran Calon Pelajar tahun 1442/2021 dilaksanakan secara online melalui alamat https://capel.gontor.ac.id

3. Waktu Pendaftaran

Dibuka pada hari Selasa, 1 Ramadan 1442/ 13 April 2021 pukul 09.00 WIB

Ditutup pada hari Ahad, 20 Ramadan 1442/ 2 Mei 2021 pukul 24.00 WIB

4. Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran Calon Pelajar dibayarkan pada saat melakukan pendaftaran online dan tidak melalui pembayaran tunai/cash. Rincian biaya pendaftaran adalah sebagai berikut:

* Pembayaran di PMDG Kampus Cabang Luar Jawa dapat mengalami perubahan

** Pembayaran di PMDG Kampus Cabang (Dalam dan Luar Jawa) dapat mengalami perubahan


NB:

1. Batas akhir melunasi biaya pendaftaran: Rabu, 23 Ramadan 1442/5 Mei 2021.

2. Ketentuan Biaya Pendaftaran dapat berubah sewaktu-waktu.

3. Calon   Pelajar   yang  mengundurkan  diri sebelum mengikuti ujian atau dinyatakan belum lulus, dapat mengambil Kembali biaya pendaftaran, kecuali:

Sumbangan Pembangunan Gedung Fakultas Kedokteran UNIDA. (3)

Uang Kepanitiaan Awal Tahun Ajaran. (7)

Uang Makan setengah bulan. (9)

4. Tidak ada pengembalian uang pendaftaran bagi Calon Pelajar yang mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus Ujian Masuk Gontor.


UJIAN MASUK

1. Syarat Mengikuti Ujian:

a. Sudah melakukan pendaftaran online.

b. Sudah melunasi biaya pendaftaran dan mendapatkan nomor ujian.

c. Sudah mencetak bukti pendaftaran online.

d. Sudah menyerahkan dokumen pendaftaran saat tiba di lokasi ujian.

2. Waktu Pelaksanaan Ujian:

a. Calon Pelajar Putra:

Ujian Lisan: 5-10 Syawwal 1442/17-22 Mei 2021

Ujian Tulis: 11 Syawwal 1442/23 Mei 2021

b. Calon Pelajar Putri:

Ujian Lisan: 5-14 Syawwal 1442/17-26 Mei 2021

Ujian Tulis: 15 Syawwal 1442/27 Mei 2021

3. Tempat Pelaksanaan Ujian Masuk:

Ujian Masuk dilaksanakan di pondok dan tidak dilakukan secara online.

Adapun tempat-tempat pelaksanaan ujian masuk adalah sebagai berikut:

a. Calon Pelajar Putra:

PMDG Kampus 2 Madusari, Siman, Ponorogo, Jawa Timur

PMDG Kampus 6 Mowila, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara

PMDG Kampus 7 Kalianda, Lampung Selatan, Lampung

PMDG Kampus 8 Meunasah Baro, Seulimeum, Aceh Besar, Aceh

PMDG Kampus 9 Sulit Air, Solok, Sumatera Barat

PMDG Kampus 10 Muara Sabak, Tanjung Jabung Timur, Jambi

PMDG Kampus 11 Poso Pesisir, Poso, Sulawesi Tengah

PMDG Kampus 12 Sungai Mandau, Siak, Riau

b. Calon Pelajar Putri:

PMDG Putri Kampus 1 Mantingan, Ngawi, Jawa Timur

PMDG Putri Kampus 4 Konda, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara

PMDG Putri Kampus 6 Poso Pesisir, Poso, Sulawesi Tengah

PMDG Putri Kampus 7 Tambang, Kampar, Riau

PMDG Putri Kampus 8 Labuhan Ratu, Lampung Timur, Lampung

4. Dokumen yang diserahkan

a. Fotokopi STTB/ijazah terakhir yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, atau rapor terakhir (2 lembar)

b. Pasfoto berwarna:

Putra:

- Berkemeja putih

- Latar belakang warna merah

- Ukuran 4x6 (2 lembar) dan 3x4 (8 lembar)

Putri:

- Berjilbab putih

- Latar belakang warna biru

- Ukuran 4x6 (2 lembar) dan 3x4 (8 lembar)

c. Bukti Pendaftaran Online Calon Pelajar

d. Surat Pernyataan Wali bermeterai 10,000

e. Surat Permohonan Calon pelajar

(Bukti Pendaftaran, Surat Pernyataan bermeterai 10.000, dan Surat Permohonan dapat diunduh melalui website pendaftaran online, setelah calon pelajar melunasi biaya pendaftaran)

f. Fotokopi Akta Kelahiran (2 lembar)

g. Fotokopi Kartu keluarga (2 lembar)

h. Fotokopi KTP Orang Tua/Wali (2 lembar)

5. Syarat-syarat Penerimaan

a. Berijazah Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtida`iyah (MI) atau yang sederajat, untuk masuk kelas biasa dengan masa belajar 6 tahun, dan berijazah Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau yang sederajat untuk masuk kelas Intensif dengan masa belajar 4 tahun.

b. Mempunyai dasar agama, yaitu:

Dapat membaca Al-Qur`an dengan baik.

Dapat mengerjakan ibadah sehari-hari dengan baik.

Dapat menulis Arab dengan lancar.

c. Lulus ujian masuk KMI dan phsyco-test.

d. Sanggup bertempat tinggal di asrama yang telah disediakanSehat Jasmani dan Rohani dengan melakukan tes kesehatan di BKSM (Balai Kesehatan Santri dan Masyarakat) Gontor.

6. Materi Ujian

a. Materi Ujian Lisan/Syafahi: phsyco-test, baca Al-Qur`an dan Praktik Ibadah (Ibadah qauliyah dan ibadah amaliyah).

b. Materi Ujian Tulis/Tahriri: Imla` (Dikte tulis Arab), Berhitung Soal dan Angka (Matematika dasar setara kelas 6 Sekolah Dasar), dan Bahasa Indonesia.


NB:

1. Dalam pelaksanaan Ujian Masuk KMI tidak dilaksanakan ujian ulangan/susulan.

2. Tempat pelaksanaan ujian masuk tidak menunjukkan kampus kelulusan. Calon pelajar dapat dinyatakan lulus/diterima di kampus lain sesuai dengan keputusan Pimpinan PMDG.

3. Hal-hal terkait dengan Pendaftaran dan Ujian Masuk dapat berubah sewaktu- waktu sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi.

4. Informasi lebih lengkap dapat diakses melalui www.gontor.ac.id/pendaftaran

 

LANGKAH-LANGKAH PEDAFTARAN ONLINE

1. Membuat akun pendaftar di website capel.gontor.ac.id

2. Mendaftarkan calon pelajar:

Menambahkan calon pelajar.

Memilih alamat sesuai Kartu Keluarga calon pelajar.

Mengisi seluruh formulir (biodata, akademis, keluarga, angket, kesehatan, unggah berkas).

Kirim biodata untuk diverifikasi admin.

Bila terdapat kesalahan, admin akan mengirimkan kembali formulir untuk direvisi. Setelah dilakukan revisi, kirim kembali biodata untuk diverifikasi.

Bila formulir diterima, calon pelajar dapat melanjutkan ke tahap pembayaran.

3. Pembayaran biaya pendaftaran:

Periksa nomor virtual account yang muncul pada halaman pendaftaran.

Masing-masing calon pelajar mendapatkan nomor virtual account yang berbeda.

Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM, Mobile Banking, SMS Banking, Internet Banking, ataupun transfer via Teller Bank.

Jika transaksi berhasil, pembayaran akan terverifikasi secara otomatis kurang lebih setelah 5 menit dan nomor ujian akan muncul pada halaman pendaftaran.

4. Cetak berkas yang diperlukan guna diserahkan kepada panitia sebagai syarat pendaftaran calon pelajar.

5. Satu akun dapat digunakan untuk mendaftarkan beberapa calon pelajar.

6. Panduan lengkap akan diunggah menjelang dibukanya pendaftaran online.


PEMBAGIAN ZONA UJIAN MASUK

1. Calon Pelajar yang berasal dari Luar Pulau Jawa akan mengikuti ujian masuk di kampus terdekat dengan alamat yang tertera pada Kartu Keluarga.

2. Calon Pelajar yang berasal dari Dalam Pulau Jawa akan mengikuti ujian masuk di kampus berikut;

a. Calon Pelajar Putra: PMDG Kampus 2 Madusari, Siman, Ponorogo, Jawa Timur.

b. Calon Pelajar Putri : PMDG Putri Kampus 1 Sambirejo, Mantingan, Ngawi, Jawa Timur.

3. Alamat kampus cabang PMDG dapat dilihat pada halaman resmi pondok www.gontor.ac.id/kontak

4. Pembagian zona ujian masuk secara lebih detail akan diumumkan selanjutnya.




 ------***------

0 Comments

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post